Laboratorium adalah tempat yang digunakan
orang untuk melakukan kegiatan ilmiah. Tempat yang dimaksud dapat berupa sebuah
ruang tertutup yang biasa disebut sebagai gedung laboratorium atau ruang
laboratoriu.Selain itu dapat berupa sebuah tempat terbuka seperti kebun ataupun
alam semesta. Keberadaan dan keadaan suatu laboratorium bergantung kepada
tujuan penggunaan laboratorium, peranan atau fungsi yang akan diberikan kepada
laboratorium dan manfaat yang akan diambil dari laboratorium. Berbagai
laboratorium yang dikenal saat ini antara lain adalah laboratorium industri
dalam dunia usaha dan industri, laboratorium rumah sakit dan laboratorium
klinik dalam dunia kesehatan, laboratorium penelitian dalam dunia ilmu
pengetahuan dan teknologi, serta laboratorium di perguruan tinggi dan di
sekolah dalam dunia pendidikan. Selanjutnya kita akan mengurai mengenai laboratorium fisika di sekolah.
Peranan dan manfaat laboratorium fisika sekolah bisa diatrikan seperti berikut Laboratorium adalah suatu tempat untuk memberikan kepastian atau menguatkan informasi, menentukan hubungan sebab akibat, menunjukkan gejala, memverivikasi (konsep, teori, hukum, rumus) mengembangkan keterampilan proses, membantu siswa belajar menggunakan metoda ilmiah dalam memecahkan masalah dan untuk melaksanakan penelitian, (Pella 1969). Dalam hal ini bias disimpulkan peranan atau fungsi laboratorium fisika sekolah adalah sebagai salah satu sumber belajar fisika di sekolah, atau sebagai salah satu fasilitas penunjang proses pembelajaran fisika di sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai kompetensi siswa yang menjadi tujuan proses pembelajaran fisika di sekolah.
Peranan dan manfaat laboratorium fisika sekolah bisa diatrikan seperti berikut Laboratorium adalah suatu tempat untuk memberikan kepastian atau menguatkan informasi, menentukan hubungan sebab akibat, menunjukkan gejala, memverivikasi (konsep, teori, hukum, rumus) mengembangkan keterampilan proses, membantu siswa belajar menggunakan metoda ilmiah dalam memecahkan masalah dan untuk melaksanakan penelitian, (Pella 1969). Dalam hal ini bias disimpulkan peranan atau fungsi laboratorium fisika sekolah adalah sebagai salah satu sumber belajar fisika di sekolah, atau sebagai salah satu fasilitas penunjang proses pembelajaran fisika di sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai kompetensi siswa yang menjadi tujuan proses pembelajaran fisika di sekolah.
Adapun tujuan-tujuanyang ingin dicapai
adalah :
·
Menumbuhkan
dan meningkatkan rasa ingin tahu para siswa terhadap suatu gejala atau fenomena
fisis.
·
Mengembangkan
keterampilan siswa dalam mengamati dan mengambil data.
·
Menumbuhkan
dan meningkatkan rasa ingin menemukan sendiri mengenai keteraturan dari suatu
gejala atau fenomena fisis.
·
Melatih
siswa menggunakan metoda ilmiah dan mengembangkan sikap ilmiah.
·
Mendidik
dan membiasakan siswa untuk bekerja dengan sabar dan teliti.
·
Melatih
siswa menganalisis data dan menyusun laporan.
·
Melatih
siswa untuk terbiasa meneliti.
Agar tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai
sesuai dengan peranan dan manfaat laboratorium fisika sekolah, maka diperlukan
suatu sistem pengelolaan laboratorium yang direncanakan,dilaksanakan,dievaluasi
dan dikembangkan dengan baik. Pengelolaan laboratorium itu hendaknya
mencakup sejak dari berbagai fasilitas laboratorium, alat-alat laboratorium, organisasi dan
administrasi laboratorium, sampai kepada perencanaan dan pelaksanaan
seluruh kegiatan
laboratorium. Disini kita akan membahas
mengenai desain dan fasilitas laboratorium fisika sekolah.Yang mana fasilitas
tersebut terdiri dari 4 bagian yaitu Instalasi listrik,Instalasi air
,Instalasi gas dan mabeler. Keempat fasilitas tersebut hendaknya dipenuhi dalam sebuah laboratorium
fisika sekolah.
semoga bermanfaatt..
BalasHapus