Kamis, 01 Maret 2012

pengertian laboratorium


Laboratorium adalah tempat yang digunakan orang untuk melakukan kegiatan ilmiah. Tempat yang dimaksud dapat berupa sebuah ruang tertutup yang biasa disebut sebagai gedung laboratorium atau ruang laboratoriu.Selain itu dapat berupa sebuah tempat terbuka seperti kebun ataupun alam semesta. Keberadaan dan keadaan suatu laboratorium bergantung kepada tujuan penggunaan laboratorium, peranan atau fungsi yang akan diberikan kepada laboratorium dan manfaat yang akan diambil dari laboratorium. Berbagai laboratorium yang dikenal saat ini antara lain adalah laboratorium industri dalam dunia usaha dan industri, laboratorium rumah sakit dan laboratorium klinik dalam dunia kesehatan, laboratorium penelitian dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, serta laboratorium di perguruan tinggi dan di sekolah dalam dunia pendidikan. Selanjutnya kita akan mengurai mengenai laboratorium fisika di sekolah.
Peranan dan manfaat laboratorium fisika sekolah bisa diatrikan seperti  berikut  Laboratorium adalah suatu tempat untuk memberikan kepastian atau menguatkan informasi, menentukan hubungan sebab akibat, menunjukkan gejala, memverivikasi (konsep, teori, hukum, rumus) mengembangkan keterampilan proses, membantu siswa belajar menggunakan metoda ilmiah dalam memecahkan masalah dan untuk melaksanakan penelitian, (Pella 1969). Dalam hal ini bias disimpulkan peranan atau fungsi laboratorium fisika sekolah adalah sebagai salah satu sumber belajar fisika di sekolah, atau sebagai salah satu fasilitas penunjang proses pembelajaran fisika di sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai kompetensi siswa yang menjadi tujuan proses pembelajaran fisika di sekolah.
Adapun tujuan-tujuanyang ingin dicapai adalah :
·         Menumbuhkan dan meningkatkan rasa ingin tahu para siswa terhadap suatu gejala atau fenomena fisis.
·         Mengembangkan keterampilan siswa dalam mengamati dan mengambil data.
·         Menumbuhkan dan meningkatkan rasa ingin menemukan sendiri mengenai keteraturan dari suatu gejala atau fenomena fisis.
·         Melatih siswa menggunakan metoda ilmiah dan mengembangkan sikap ilmiah.
·         Mendidik dan membiasakan siswa untuk bekerja dengan sabar dan teliti.
·         Melatih siswa menganalisis data dan menyusun laporan.
·         Melatih siswa untuk terbiasa meneliti.

Agar tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai sesuai dengan peranan dan manfaat laboratorium fisika sekolah, maka diperlukan suatu sistem pengelolaan laboratorium yang direncanakan,dilaksanakan,dievaluasi dan dikembangkan dengan baik. Pengelolaan laboratorium itu hendaknya mencakup sejak dari berbagai fasilitas laboratorium, alat-alat laboratorium, organisasi dan administrasi laboratorium, sampai kepada perencanaan dan pelaksanaan seluruh kegiatan laboratorium. Disini kita akan membahas mengenai desain dan fasilitas laboratorium fisika sekolah.Yang mana fasilitas tersebut terdiri dari 4 bagian yaitu Instalasi listrik,Instalasi air ,Instalasi gas dan  mabeler. Keempat  fasilitas tersebut  hendaknya dipenuhi dalam sebuah laboratorium fisika sekolah.


1 komentar: